Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya



Cara mengatasi laptop yang mudah dan cepat panas.Anda yang sering menggunakan laptop untuk mengerjakan sesuatu entah itu urusan kerja atau sekolah, harus paham jika laptop mudah panas.Karena itu akan membuat laptop cepet rusak , terlebih saat ini banyak orang yang tidak mengerti bagaimana merawat laptop yang baik. Penggunaan terus menerus dan cara yang salah salah satunya menyebabkan laptop cepat panas dan menyebabkan cepat rusak.
Laptop yang cepat panas tentunya mengganggu performa dan aktivitas pekerjaan penggunanya. Oleh karena itu perlu sebagai pengguna laptop untuk mengetahui apa yang menyebabkan laptop mudah panas agar tidak menimbulkan kerusakan. Beda dengan PC atau komputer, Berdasarkan pengalaman laptop lebih mudah panas karena memang memiliki desain yang tipis dan komponen yang padat. Sementara PC memiliki ruang didalam CPU yang berfungsi untuk sirkulasi udara sehingga uap panas berkurang. Karena itu pentingnya memahami perawatan laptop agar komponen dan bagian penting dari laptop tetap awet digunakan. Jika anda mengalami masalah ini, dimana laptop anda mudah panas maka inilah solusinya : 

Yang Menjadi Penyebab laptop cepat panas 


1. Lingkungan yang suhunya Panas 

Suhu yang panas pada lingkungan bisa jadi berpengaruh pada laptop saat digunakan cepat panas, Apalagi Indonesia adalah daerah panas Misalkan di surabaya atau jakarta, coba saja anda gunakan laptop anda ditempat terbuka tenntu laptop akan menjadi cepat panas. Beda saat anda mengunakan laptop ditempat yang ber AC 


2. Pemasangan Perangkat Keras Baru Bisa jadi pemasangan perangkat keras baru juga menjadi penyebab laptop cepat panas 


Mengapa demikian ? Hardware yang baru ini biasanya menyedot daya lebih besar dari sebelumnya. Apalagi kalau kita tidak memahami bahwa daya yang besar juga berpengaruh menjadikan laptop cepat panas 

3. Tempat kita saat menggunakan Laptop 


Saat menggunakan laptop kita tidak memperhatikan alas yang kita pakai, padahal ini sangat penting, manakala kita menggunakan alas yang mudah menyerap panas maka laptop mudah panas . Hal itu terjadi karena alas yang menutupi sirkulasi udara dari bawah laptop. Pemakai laptop tidak menyadari betapa pentingnya peletakan karena itu berhubungan dengan sirkulasi udara laptop. Contoh meletakkan laptop pada bantal atau kasur yang berakibat pada penghambatan sirkulasi udara sehingga efeknya pada laptop terjadi peningkatan suhu panas pada setiap komponen didalamnya. Apabila hal tersebut dilakukan terus menerus, maka akan berakibat debu menumpuk di beberapa komponen seperti heatsink prosesor. 

4. Ventilasi udara laptop tersumbat 


Ventilasi udara laptop tersumbat disebabkan oleh banyaknya debu atau kotoran yang menumpuk. Sehingga mengakibatkan laptop mudah panas Ventilasi udara ini juga digunakan sebagai pembuang udara panas dari kipas atau fan laptop tersebut. Sehingga jika tidak rutin di bersihkan akan sangat mengganggu performa laptop dan mudah cepat panas.

5. Banyak debu di Kipas/ Fan laptop 

Karena pemakaian yang salah akan membuat debu menempel di fan laptop. Debu yang menempel akan menghambat perputaran fun tersebut sehingga membuat laptop cepat panas. Hal ini disebabkan karena kurang perawatan atau tidak pernah dibersihkan. Jika dibiarkan terus-menerus akan membuat laptop cepat panas karena tidak bisa mengeluarkan udara panas secara maksimal. 

 
Cara Mengatasi laptop cepat panas Agar Laptop tetap awet dan tahan lama .


Maka perlu perawatan yang rutin termasuk laptop yang sudah panas agar segera diatasi demi kenyamanan saat menggunakannya. 

1. Membersihkan ventilasi udara dan kipas laptop 


Jika ventilasi udara laptop sudah kotor maka segera bersihkan agar udara panas dari laptop keluar secara maksimal. nHal ini perlu dilakukan agar laptop tidak cepat panas akibat ventilasi udara yang tertutup karena kotoran atau debu. Kemudian anda bisa membongkar laptop dan cek bagian kipas. 

Jika sudah banyak debu yang menempel, segera bersihkan agar perputaran kipas laptop bekerja secara maksimal. Untuk membersihkan debu bisa menggunakan tisu atau katenbat. 
 

2. Selalu menggunakan laptop diatas permukaan datar 


Ini sangat penting agar pembuangan udara panas dari laptop menjadi lancar dan maksimal. Begitu juga dengan sangat membantu terhadap kinerja kipas laptop agar berputar diatas kapasitas wajar. dan yang perlu dipastikan kebersihan daerah penempatan laptop saat digunakan. Jangan sampai ada debu disekitarnya, karena akan terbawa dan masuk ke daerah ventilasi udara laptop. Apalagi laptop yang memiliki lubang ventilasi udara dibagian bawah. Adapun bila menggunakan laptop di atas kasur yang perlu diperhatikan adalah cari alas yang datar dan tebal, contohnya buku atau alas lainnya agar pembuangan udara panas tetap maksimal. 

3. Cooling Pad Terakhir

jika memiliki kipas eksternal, anda bisa menggunakan ini sebagai pembantu pengeluaran suhu panas pada laptop. Usahakan jangan dicolokan ke usb laptop, gunakan charger hp dan colokan ke aliran listrik langsung agar tidak menguras daya laptop itu sendiri. 

Terakhir, untuk anda yang ingin membeli laptop, usahakan beli yang baru. Jika harus beli second harus liat umur laptop karena sangat berpengaruh terhadap performa dan laptop second yang sudah lama biasanya thermal paste nya sudah kering seringnya membuat prosesor gampang panas.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel