Kenali Alergi Pada Anak 3 Tahun dan Cara Mengatasinya

 

Alergi Pada Anak 3 Tahun

Kulit anak-anak khususnya bayi, biasanya masih memiliki sensitivitas tinggi. Pasalnya, sistem imun si kecil masih belum sempurna. Hal tersebut juga berlaku pada anak-anak yang berusia 3 tahun. Pasalnya ada cukup banyak jenis alergi pada anak 3 tahun yang beraksi pada kulitnya.

Penasaran ingin tahu apa saja jenis-jenis alergi anak di usia 3 tahun? Simak penjelasan lengkapnya hanya di artikel ini, lengkap dengan cara mengatasinya.

Alergi Akibat Makanan

Di antara semua penyebab alergi, makanan adalah salah satu penyebab yang paling sering. Makanan sering menjadi pemicu alergi dan bereaksi terhadap kulit hingga kondisi-kondisi alergi tertentu, seperti muntah.

Reaksi alergi akibat makanan biasanya sering terjadi sesaat setelah si kecil mengonsumsi suatu makanan. Beberapa makanan yang sering menjadi kasus alergi pada anak-anak diantaranya seperti:

     Kacang tanah

     Gandum

     Susu sapi

     Telur

     Kedelai

     Ikan (tuna dan salmon)

     Kacang dari pohon (kacang mete, kenari, dan sejenisnya)

     Makanan laut (udang, cumi, dan sejenisnya)

Namun, Anda tidak boleh menduga begitu saja. Pastikan dugaan Anda bahwa si kecil mengalami alergi terhadap makanan dilandasi dengan fakta-fakta. Maka dari itu, kenalilah ciri-ciri alergi yang diakibatkan oleh makanan sebagai berikut:

     Bersin-bersin

     Timbul ruam atau bintik-bintik pada kulit

     Tenggorokan terasa terikat

     Diare

     Mual dan muntah

     Suara mengi

     Sulit bernafas

     Tekanan darah rendah

     Denyut jantung menjadi lebih cepat

     Gatal di sekitaran mulut

Untuk mengatasinya, cobalah hentikan makanan yang diduga menyebabkan alergi pada anak. Lihatlah perkembangannya selama beberapa hari atau beberapa minggu. Jika alergi berhenti, maka bisa dipastikan makanan tersebutlah yang menjadi penyebabnya.

Alergi dari Debu, Jamur, dan Serbuk Sari

Lingkungan tempat si kecil beraktivitas atau bahkan beristirahat juga bisa menjadi penyebab alergi. Terutama jika si kecil sering batuk-batuk atau pilek. Ciri-ciri alergi tersebut bisa jadi karena lingkungan yang kurang bersih atau kurang sehat.

Alergi ini disebut juga dengan istilah alergi rhinitis yang merupakan peradangan yang terjadi pada rongga hidung. Adapun gejala-gejala-gejalanya yaitu seperti:

     Batuk.

     Kelelahan.

     Bersin-bersin.

     Mata kemerahan, bengkak, dan berair.

     Hidung tersumbat atau berair.

Pemicu reaksi akibat alergi ini bisa jadi karena serbuk sari, tungau, debu, jamur, bulu hewan, debu, dan sejenisnya.

Untuk mencegah dan mengatasinya, Anda harus rutin membersihkan ruangan atau lingkungan tempat si kecil beraktivitas maupun beristirahat. Pastikan ruangan atau lingkungan tersebut bersih dan higienis.

Alergi Terhadap Obat-Obatan

Obat-obatan yang sedang dikonsumsi oleh si kecil juga bisa menjadi salah satu penyebab alergi. Alergi obat biasanya merupakan bentuk reaksi berlebihan dari sistem imun tubuh pada suatu obat tertentu.

Reaksi ini biasanya timbul karena tubuh menganggap zat atau obat tertentu dapat membahayakan tubuh.

Beberapa gejala yang umum terjadi akibat alergi ini yaitu seperti:

     Gatal-gatal

     Sesak napas atau napas pendek

     Bengkak di bagian kelopak mata

     Timbulnya ruam dan bentol pada kulit

Biasanya gejala alergi akibat obat ini tidak langsung muncul ketika si kecil menggunakan obat tersebut.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menghentikan jenis obat yang dapat menyebabkan alergi pada si kecil. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsultasikan kepada dokter agar mendapatkan solusi yang tepat.

Kesimpulan

Cara mengatasi alergi pada anak yang sudah berusia 3 tahun cukup beragam. Mengenali penyebab alergi adalah salah satu cara atau tahap untuk mengatasinya. Maka dari itu, kenalilah terlebih dahulu penyebabnya agar alergi bisa diatasi secara cepat dan tepat.

Itulah beberapa jenis alergi pada anak 3 tahun yang umum terjadi. Jika si kecil menunjukan gejala-gejala alergi yang lebih serius seperti sesak nafas hingga pingsan, segera periksa ke dokter.

Deskripsi: Informasi seputar jenis alergi pada anak 3 tahun mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya. Semua yang dibahas di sini merupakan alergi yang sering terjadi pada anak.

Belum ada Komentar untuk "Kenali Alergi Pada Anak 3 Tahun dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel