Jenis-Jenis Gerakan Bayi Dalam Perut yang Wajib Diketahui

gerakan bayi dalam perut


Calon buah hati yang mulai bergerak di dalam kandungan adalah momen yang sangat dinantikan. Pasalnya, gerakan ini menandakan janin sedang dalam kondisi yang sehat. Perlu Anda ketahui, ternyata ada perbedaan pada masing-masing gerakan bayi dalam perut. Nah, berikut telah kami rangkum informasinya secara detail untuk Anda.

1.      Gerakan Bayi Seperti Sayap

Sebenarnya, pertama kali janin sudah mulai bergerak pada saat ukurannya masih sangat kecil. Yaitu pada usia kehamilan 16 minggu. Pada waktu ini, biasanya calon buah hati akan melakukan gerakan yang mirip seperti kupu-kupu terbang.

Gerakan ini biasanya akan menimbulkan sensasi kembung bagi ibu hamil. Pasalnya, ukuran tubuh calon buah hati masih begitu kecil.

2.      Gerakan Seperti Ketukan

Janin yang ada di dalam perut juga sering melakukan gerakan seperti ketukan. Biasanya, gerakan ini akan terasa dan dilakukan pada trimester kedua. Namun, gerakan ini akan terasa lebih lembut. Pasalnya, usia janin masih tergolong sangat muda dan masih berukuran kecil.

Janin harus memiliki kekuatan agar bunda bisa merasakan gerakannya. Pergerakannya biasanya dibuat menembus dinding rahim dan juga plasenta.

3.      Gerakan Berupa Tendangan

Pada saat janin berukuran lebih besar, mereka akan melakukan gerakan berupa tendangan. Gerakan ini jauh lebih kuat dibandingkan sebelum-sebelumnya. Bunda bisa langsung merasakan seberapa kuat gerakannya melalui tendangan ini.

Tendangan bayi di dalam perut juga bisa dirasakan langsung di area sekitar dekat pusar. Sensasinya bahkan bisa langsung dirasakan hingga ke panggul bunda. Terkadang, tendangan bayi juga bisa memicu rasa nyeri.

Tendangan juga terkadang bisa dilihat langsung pada perut melalui tonjolan. Ketika janin mulai aktif, tendangan yang dilakukan janin juga akan tampak terlihat di perut bunda.

4.      Gerakan Meninju

Kemampuan janin dalam bergerak akan semakin berkembang. Setelah janin bisa melakukan gerakan seperti menendang, maka selanjutnya janin pun bisa menggunakan tangannya untuk bergerak. Itulah kenapa, janin yang sudah semakin besar, mereka akan aktif meninju perut ibunya.

Namun bunda tidak perlu khawatir. Pasalnya, gerakan tinju ini tidak akan seperti gerakan menendang yang terkadang membuat nyeri. Gerakannya ini tidak membuat sakit karena bisa dikatakan tidak terlalu kuat.

5.      Gerakan Berguling

Di dalam perut, calon buah hati juga bisa berguling, lho. Hal ini dikarenakan gerakan tendangan janin. Ketika mereka menendang, tendangan tersebut akan membuat janin mirip berguling. Ketika terjadi hal demikian, kemungkinan janin sedang mencari posisi yang nyaman.

Gerakan berguling merupakan salah satu pergerakan yang sering sekali dilakukan oleh janin di dalam rahim. Ketika mereka sedang aktif, bunda bisa membedakan mana gerakan menendang dan mirip berguling.

6.      Janin Cegukan

Cegukan tidak hanya sering dialami oleh anak-anak. Bahkan, janin di dalam kandungan pun sering mengalaminya. Ketika cegukan, biasanya akan ada gerakan mirip seperti sensasi ketukan kecil yang seirama. Gerakan ini biasanya berlangsung cukup lama.

Cegukan biasanya terjadi akibat kekeliruan janin saat menelan cairan ketuban. Sehingga menyebabkan mereka cegukan dan terjadilah gerakan mirip ketukan.

Kesimpulan

Bayi yang bergerak di dalam perut adalah salah satu tanda bahwa mereka aktif dan sehat. Setiap gerakan juga memiliki arti yang berbeda-beda. Semakin besar janin tersebut, maka gerakannya pun semakin beragam dan juga semakin kuat.

Demikian informasi seputar berbagai jenis gerakan bayi di dalam perut ibu hamil. Semoga dapat menambah wawasan bunda dalam dunia parenting. Jangan lupa juga untuk selalu memakan dan mengkonsumsi susu yang kaya akan nutrisi penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin.


Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Gerakan Bayi Dalam Perut yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel